Hit enter after type your search item
Wegoclick

Referensi Pinjaman Online

Jangan Asal Pilih, Ini Trik Mencari Pinjaman Online Terpercaya Agar Tidak Tertipu

/
/
/
9 Views

Di era serba canggih seperti saat ini, berbagai macam transaksi keuangan dengan bantuan gadget dan internet sangat umum dilakukan. Termasuk di antaranya mencari pinjaman secara online yang semakin marak di kalangan masyarakat urban. Namun sebelum Anda memutuskan untuk meminjam sejumlah uang melalui internet, sebaiknya pahami dulu trik yang tepat mencari pinjaman online terpercaya.

Hal tersebut penting dipelajari agar Anda terhindar dari risiko penipuan ataupun penyalahgunaan data pribadi. Penasaran seperti apa triknya? Berikut ulasannya di bawah ini.

Pinjaman online merupakan pinjaman berupa dana maupun kredit di muka yang diajukan secara online. Jasa seperti ini umum dilakukan oleh berbagai lembaga keuangan, baik bank ataupun non-bank. Salah satunya perusahaan financial technology atau yang dikenal dengan sebutan fintech.

Meski terkenal memiliki beragam penawaran yang menggiurkan, Anda tetap wajib mengetahui trik mencari pinjaman online terpercaya. Pasalnya, ada banyak sekali pinjaman online ilegal yang tidak memiliki badan hukum jelas.Akibat yang tak bisa dihindari adalah penipuan terhadap besaran bunga yang tiba-tiba membengkak dan memberatkan nasabah sehingga menyebabkan penyitaan aset.

Bahkan, banyak juga calon nasabah yang menanggung kerugian besar karena dimintai biaya administrasi di muka. Namun, pengajuan pinjaman tersebut justru ditolak. Hal-hal seperti ini sulit diproses secara hukum karena perusahaan penyedia pinjaman online tersebut ilegal alias tidak terdaftar resmi di data pemerintah atau OJK.

Secara garis besar, trik mencari dan memilih pinjaman online yang terpercaya bisa dimulai dengan dasar pengetahuan tentang ciri-ciri perusahaan pinjaman online yang kredibel. Adapun di antaranya sebagai berikut.

  1. Terdaftar secara resmi dalam data Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, trik pertama dalam mencari dan memilih pinjaman online terpercaya adalah dengan memperhatikan nama fintech tersebut. Artinya, Anda harus memeriksa lebih dulu apakah perusahaan pinjaman online yang dimaksud sudah terdaftar dalam data OJK atau belum.

Pasalnya, OJK sebagai lembaga pengawas jasa keuangan memiliki daftar khusus penyedia layanan pinjaman online terpercaya. Anda sudah pasti harus curiga jika menemukan perusahaan pinjaman online yang namanya belum masuk dalam database OJK.

  • Memiliki kontak perusahaan yang jelas dan asli

Trik memilih pinjaman online terpercaya berikutnya adalah pastikan perusahaan tersebut memiliki kontak yang jelas dan bisa dibuktikan keasliannya. Mulai dari nomor kantor pusat, nomor customer service, alamat kantor, dan lain sebagainya.

Jika ada perusahaan pinjaman online yang tidak memiliki data-data tersebut, sebaiknya tinggalkan dan lupakan. Bisa dipastikan, perusahaan tersebut adalah perusahaan ilegal yang hanya ingin meraup keuntungan pribadi.

  • Memiliki website resmi

Keberadaan website atau laman resmi perusahaan pinjaman online juga bisa Anda jadikan patokan sebagai trik memilih pinjol yang tepat. Biasanya, website resmi ini cukup informatif.

Selain menampilkan jenis produk pinjaman, Anda juga bisa menemukan kontak dan alamat perusahaan yang jelas di dalamnya. Hal inilah yang menjadi salah satu bukti, bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar di OJK.

  • Syarat yang ditentukan cukup masuk akal

Selanjutnya, perusahaan pinjaman online terpercaya juga ditandai dengan persyaratan yang mudah, tapi tetap masuk akal. Bukan hanya memerlukan KTP calon nasabah, pinjaman online terpercaya juga akan meminta Anda melampirkan NPWP, bukti transaksi rekening bank selama 3 bulan terakhir, SIUP bagi pengusaha, dan bukti riwayat kredit sebelumnya apabila ada.

  • Transparan dengan besaran bunga yang ditetapkan

Salah satu ciri pinjaman online terpercaya adalah sangat terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman dan transparan soal besaran bunga yang ditetapkan. Mereka juga tidak akan segan untuk menjelaskan waktu atau tempo pembayaran. Bahkan, mereka juga menjelaskan tentang segala hal yang mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan kepada calon nasabah.

Dengan demikian, Anda bisa mengetahui berapa besaran tagihan setelah ditambah bunga dan tak ada bunga yang mendadak naik dalam waktu tertentu. Prosedur penagihan yang baik pun pastinya tidak akan mengganggu privasi Anda dan orang-orang terdekat. Sebab, mereka tidak akan sembarangan menghubungi daftar kontak di ponsel Anda untuk menagih utang.

Ketahuilah, masih ada banyak orang yang sering menyepelekan trik dalam mencari dan memilih suatu perusahaan pinjaman online. Hal ini mengakibatkan mereka terjebak dalam lingkaran setan yang tiada habisnya karena harus gali tutup lubang demi membayar utang pinjol ilegal. Jadi, jangan sampai Anda tergiur dengan  persyaratan yang mudah, tapi malah jauh dari rasa aman.

Kelebihan pinjaman online

Meski sebagian besar orang menganggap pinjaman online sangat berbahaya dan merugikan, nyatanya pinjaman secara online seperti ini juga memiliki kelebihan. Tak heran jika saat ini semakin banyak pula orang yang  ingin mencobanya. Beriku ini beberapa kelebihan pinjaman online.

  1. Angsuran ringan

Bicara soal angsuran atau cicilan setiap bulannya, pinjaman online juga memiliki bunga yang cukup kompetitif sehingga besaran angsurannya terbilang ringan. Meski demikian, ada juga pinjaman online yang memberikan penawaran angsuran ringan, tapi pada akhirnya menetapkan bunga luar biasa tinggi. Tentu saja, hal seperti ini semakin memperbesar peluang terjadinya penipuan yang bisa merugikan Anda.

  • Praktis dan efisien

Untuk poin satu ini, memang tak bisa dipungkiri karena pinjaman online memang menawarkan fasilitas pinjaman dengan cara yang sangat praktis. Anda hanya membutukan perangkat gadget yang terhubung dengan internet untuk bisa mendapatkan pinjaman sejumlah dana.

Proses pemeriksaan kelengkapan dokumen juga dilakukan secara online. Hampir semua penyedia layanan pinjaman online menerapkan sistem tersebut sehingga Anda tak perlu bertatap muka dengan pihak perusahaan penyedia dana. Dengan begitu, berbagai kebutuhan pun bisa lebih mudah dipenuhi.

  • Syarat super mudah

Biasanya, penyedia jasa pinjaman online sangat memudahkan calon nasabah dengan menerapkan syarat-syarat yang tidak terlalu rumit. Apalagi, data identitas diri tiap WNI sudah tersimpan lengkap dalam satu kartu, seperti e-KTP. Cukup dengan menyertakan KTP dan beberapa berkas tambahan lainnya, Anda bisa dipastikan mendapat pinjaman dana tunai secara cepat dan mudah.

  • Proses secepat kilat

Selain syarat yang mudah, pinjaman online juga menawarkan proses pencairan dana yang bisa dibilang secepat kilat. Tiap perusahaan memiliki aturan berbeda-beda, mulai dari 3 sampai 7 hari kerja saja. Kecepatan pencairan dana ini pastinya juga jadi nilai lebih karena sebagian calon nasabah membutuhkan pinjaman yang cepat cair.

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mengajukan pinjaman secara online

Alangkah baiknya jika Anda tidak hanya sekadar tergiur dengan tawaran pinjaman online yang saat ini kian marak beredar. Menjadi calon debitur yang kritis perlu Anda lakukan sebelum mendapat suntikan dana segar tersebut. Pahami lagi risiko dari pinjaman online yang Anda ajukan.

Jangan gegabah mengajukan nominal pinjaman yang terlampau besar. Sebaiknya, sesuaikan dengan pendapatan dan kemampuan Anda untuk membayar pinjaman tersebut nantinya.

Pahami juga secara rinci dan detil tentang ketentuan pinjaman online tersebut. Fokus utama Anda adalah besaran bunga dan masa tenor yang ditawarkan sehingga Anda benar-benar paham berapa besaran tagihan yang harus dibayarkan tiap bulannya.

Demikian sederet trik mencari dan memilih pinjaman online terpercaya untuk membantu memenuhi kebutuhan yang terdesak. Sebelum mengajukannya, lebih baik bandingkan dulu jenis pinjaman yang cocok sesuai kebutuhan Anda.

Berikut daftar Pinjol resmi OJK hingga 29 Juni 2021. Di luar daftar ini adalah pinjol abal-abal:

  1. Danamas
  2. Investree
  3. Amartha
  4. Dompet Kilat
  5. KIMO
  6. TOKO MODAL
  7. UANGTEMAN
  8. Modalku
  9. KTA KILAT
  10. Kredit Pintar
  11. Maucash
  12. Finmas
  13. KlikACC
  14. Akseleran
  15. Ammana.id
  16. PinjamanGO
  17. KoinP2P
  18. Pohondana
  19. Mekar
  20. AdaKami
  21. ESTA KAPITAL FINTECK
  22. KREDITPRO
  23. FINTAG
  24. RUPIAH CEPAT
  25. CROWDO
  26. Indodana
  27. JULO
  28. Pinjamwinwin
  29. DanaRupiah
  30. Taralite
  31. Pinjam Modal
  32. ALAMI
  33. Awan Tunai
  34. Dana Kini
  35. Singa
  36. DANA MERDEKA
  37. EASYCASH
  38. Pinjam Yuk
  39. FinPlus
  40. UangMe
  41. PinjamDuit
  42. DANA SYARIAH
  43. BATUMBU
  44. Cashcepat
  45. KlikUMKM
  46. Pinjam Gampang
  47. Cicil
  48. lumbungdana
  49. 360 KREDI
  50. Dhanapala
  51. Kredinesia
  52. Pintek
  53. ModalRakyat
  54. SOLUSIKU
  55. Cairin
  56. TrustIQ
  57. KLIK KAMI
  58. Duha Syariah
  59. Invoila
  60. Sandes One Stop Solution
  61. Dana Bagus
  62. UKU
  63. KREDITO
  64. AdaPundi
  65. Modal Nasional
  66. Komunal
  67. Restock.id
  68. TunaiKita
  69. iGrow
  70. Cashwagon
  71. GRADANA
  72. Findaya
  73. AKTIVAKU
  74. KrediFazz
  75. iTernak
  76. CROWDE
  77. TaniFund
  78. danaIN
  79. Indofund.id
  80. AVANTEE
  81. danabijak
  82. KawanCicil
  83. KREDIT CEPAT
  84. Danacita
  85. Dana.id
  86. samakita
  87. vestia
  88. Asetku
  89. danafix
  90. LAHANSIKAM
  91. ShopeePayLater
  92. gandengtang
  93. JEMBATANEMAS
  94. asakita
  95. qazwa
  96. One Hope
  97. Tree+
  98. edufund
  99. FinanKu
  100. UATAS
  101. dumi
  102. Pundiku
  103. TEMAN PRIMA
  104. OK!P2P
  105. DoeKu
  106. BANTUSAKU
  107. KlikCair
  108. AdaModal
  109. kontanku
  110. ikimodal
  111. ETHIS
  112. KAPITALBOOST
  113. PAPITUPI Syariah
  114. Finteck Syariah
  115. Samir
  116. Optima
  117. BBX FINTECH
  118. Ringan
  119. Saku Ceria
  120. indosaku
  121. SolusiKita
  122. IVOJI
  123. pinjamindo
  124. KOTAKKOIN.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar