Rekomendasi 5 Pinjaman Online Bagi Mahasiswa Anti Ribet

Posted on

Tak sedikit mahasiswa yang mengalami masalah keuangan. Apalagi mereka yang harus kuliah di luar kota dan terpaksa mengandalkan uang kiriman orang tua. Meski banyak juga mahasiswa yang sudah berpenghasilan karena kerja paruh waktu, tapi bisa saja penghasilannya belum maksimal. Pasalnya, butuh waktu dan konsentrasi lebih yang pastinya tidak boleh terbagi antara bekerja dan kuliah.

Salah satu kebutuhan mendesak yang paling sering dialami oleh mahasiswa adalah membayar uang kos atau biaya hidup saat uang kiriman belum tiba. Bisa juga karena gaji dari pekerjaan juga belum kunjung diterima.

Di tengah perkembangan teknologi keuangan saat ini, ada banyak sekali sumber dana yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mendapatkan pinjaman. Apalagi, pinjaman berbasis online ini biasanya memiliki persyaratan yang mudah sehingga cocok bagi mereka yang tengah membutuhkan bantuan keuangan.

Aplikasi pinjaman online yang cocok untuk mahasiswa

Berikut ini beberapa aplikasi pinjaman online yang cocok dijadikan sumber pembiayaan bagi mahasiswa.

  1. Dana Rupiah

Aplikasi pinjaman online yang pertama adalah Dana Rupiah. Aplikasi ini bisa dijadikan opsi untuk pengajuan pinjaman online bagi mahasiswa yang tengah dilanda kesulitan keuangan tanpa jaminan apapun.

Pengajuan pinjaman di aplikasi Dana Rupiah ini tergolong mudah. Proses pengajuannya hanya perlu dilakukan melalui aplikasi dengan waktu pencairan yang relatif cepat. Mahasiswa atau calon nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 8 juta.

Persyaratannya pun tidak terlalu merepotkan. Di antaranya, usia minimal 18 tahun, memiliki rekening bank atas nama sendiri, dan sudah pasti KTP sebagai tanda identitas resmi.

  1. Kredit Pintar

Pilihan pembiayaan melalui pinjaman online untuk mahasiswa berikutnya adalah aplikasi Kredit Pintar. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah pengajuan pinjaman tanpa harus menyertakan slip gaji maupun jaminan.

Adapun beberapa pilihan tenor pinjaman yang ditawarkan oleh Kredit Pintar. Mulai dari 14 hari, 30 hari, dan 3 bulan dengan jumlah pinjaman hingga Rp 2 juta. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain, peminjam harus berusia 18-55 tahun, memiliki KTP yang masih berlaku, dan memiliki rekening bank pribadi.

  1. Perdana

Pinjaman online untuk mahasiswa selanjutnya adalah Perdana. Aplikasi satu ini memiliki beberapa pilihan jumlah pinjaman yang bervariasi. Mulai dari Rp 800 ribu, Rp 1,5 juta, Rp 1,8 juta, dan Rp 2 juta. Dengan demikian, Perdana dianggap sangat cocok dijadikan opsi pengajuan pinjaman bagi mahasiswa yang terkendala keuangan.

Selain itu, Perdana tidak memerlukan jaminan apapun untuk memberikan sejumlah pinjaman. Calon nasabah hanya perlu menyertakan foto KTP dengan proses pencairan terbilang singkat, yakni sekitar 5 menit saja. Tenor pinjaman yang muncul di aplikasi kurang lebih selama 14 hari dengan bunga pinjaman sebesar 0,8 persen tanpa biaya apapun.

Sementara dokumen yang perlu disertakan sebagai bagian dari pengajuan pinjamannya, antara lain informasi pribadi, pekerjaan, kontak darurat, dan foto pribadi.

  1. Tunai Kita

Aplikasi pinjaman online yang bisa dicoba lainnya adalah Tunai Kita. Pada aplikasi ini, calon nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 20 juta dengan tenor bervariasi. Calon nasabah bisa meminjam selama 10 hari atau bahkan hingga 6 bulan.

Namun, calon nasabah tersebut wajib memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, berumur antara 21 – 60 tahun, memiliki KTP yang masih berlaku, dan memiliki rekening pribadi.

  1. Uang Teman

Uang Teman merupakan salah satu pilihan pinjaman online untuk mahasiswa yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Namun, setiap calon nasabah diwajibkan memiliki pekerjaan atau sumber penghasilan tetap.

Tenor yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 10 sampai 30 hari dengan minimal jumlah pinjaman sebesar Rp 1 juta. Menariknya, calon nasabah bisa memilih opsi cicilan jika ingin mengajukan pembiayaan atau pinjaman melalui aplikasi satu ini.

Seperti kebanyakan aplikasi pinjaman online lain, Uang Teman memiliki persyaratan umum di antaranya berusia 21-65 tahun. Selain itu, aplikasi ini mengharuskan calon nasabahnya berdomisili di wilayah tertentu, seperti Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Klaten, dan Magelang.

Setiap calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman pun wajib memiliki penghasilan minimal sekitar Rp 2,3 juta. Bukan hanya itu saja, saat pengajuan, calon nasabah harus menyertakan KTP dan foto pribadi, sekaligus memiliki rekening tabungan serta email.

Tips bagi mahasiswa sebelum mengajukan pinjaman online

Sebelum mengajukan pinjaman online, para mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal utama, seperti berikut ini.

  1. Periksa legalitas dan rekam jejak

Salah satu hal paling penting yang wajib dilakukan sebelum mengajukan pinjaman pada aplikasi pinjaman online adalah memeriksa legalitasnya terlebih dulu. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memang legal dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya, saat ini ada banyak sekali aplikasi pinjaman online abal-abal yang justru merugikan nasabahnya dengan mematok bunga yang terlalu tinggi.

Selain itu, pastikan juga rekam jejak dan review yang mereka miliki dari pengguna sebelumnya. Jangan sampai, aplikasi yang dipilih ternyata menyimpan sejuta kebobrokan yang merugikan nasabahnya, seperti menggunakan data pribadi nasabah secara semena-mena.

  1. Mempertimbangkan manfaat yang diperoleh dari pinjaman online tersebut

Jangan terlalu tergesa-gesa dalam memutuskan pengajuan suatu pinjaman pada aplikasi-aplikasi yang saat ini memang sangat mudah diakses. Sebaiknya pertimbangkan lagi manfaat dari pinjaman online tersebut apakah bisa disesuaikan dengan kebutuhan sebagai mahasiswa. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan seperti misalnya,

  • Apakah penggunaan dana pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan?
  • Bagaimana jumlah limit yang diberikan?
  • Bagaimana bentuk cicilan yang ditawarkan?
  • Bagaimana penghitungan suku bunga yang berlaku?
  • Berapa lama proses pengajuan dan pencairan pinjaman yang ditawarkan?
  1. Pilih aplikasi pinjaman online yang memberikan penawaran fasilitas tambahan

Tak ada salahnya untuk memeriksa kembali apakah pinjaman online tersebut memberikan penawaran fasilitas tambahan. Misalnya, fasilitas cicilan tanpa biaya tambahan agar memudahkan pembayaran pinjaman di kemudian hari setelah pinjaman cair.

  1. Perhatikan jangka waktu pinjaman

Jangan pernah mengabaikan jangka waktu yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman. Saat memilih tenor atau jangka waktu pinjaman, sebaiknya pilih opsi yang paling sesuai dengan kemampuan agar tidak memberatkan kondisi keuangan ke depannya. Tentu saja, dengan mempertimbangkan kondisi keuangan seperti ini bisa menghindarkan diri dari risiko adanya gangguan dalam pembayaran pinjaman.

Perlu diketahui, beberapa aplikasi pinjaman online yang telah disebutkan di atas sangat cocok untuk mahasiswa yang membutuhkan dana darurat. Selain persyaratannya yang mudah, aplikasi-aplikasi tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Meski terbilang mudah, kehati-hatian dalam mengajukan pinjaman online melalui aplikasi peer to peer lending semacam ini sangat diperlukan. Berdasarkan laporan dari OJK, masih ada banyak sekali entitas aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar alias ilegal di Indonesia. Umumnya, aplikasi ilegal semacam ini menawarkan bunga pinjaman melebihi ketentuan 0,8 persen per hari yang tentu saja memberatkan para nasabahnya.

Bagi mahasiswa yang masih awam dengan dunia pinjaman online, ada baiknya menggali informasi lagi lebih dalam. Banyak pinjaman online ilegal yang beroperasi melalui aplikasi maupun pesan singkat demi menjerat calon nasabah yang minim literasi dan pemahaman soal ini. Diperlukan kewaspadaan tingkat tinggi agar bisa terbebas dari jeratan utang pinjaman online yang bukannya membantu tapi justru menyesatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *