Hit enter after type your search item
Wegoclick

Referensi Pinjaman Online

ATURAN PINJAMAN ONLINE SYARIAH

/
/
/
12 Views

Dewasa ini perkembangan Industri keuangan syariah makin pesat. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya perbankan dan multifinance yang memberikan layanan berbasis syariah, bahkan pinjaman online atau fintech sudah mulai menerapkan sistem pinjaman online syariah. Tampaknya hal ini berkaitan dengan keluhan masyarakat yang sering bermasalah dengan fintech konvensional  yang masih membebankan bunga tinggi pada para peminjamnya.

Patut diapresiasi munculnya pinjaman online syariah, yang sangat jauh berbeda dengan konsep pinjaman online konvensional sebelumnya. Bahkan konsepnya berbanding terbalik dengan aturan main pinjaman online syariah. Pinjaman online syariah, betul-betul layanan pinjaman tanpa bunga yang dapat diakses secara digital oleh penggunanya. Kehadirannya atas dasar permintaan masyarakat yang makin tinggi.

Selain itu yang cukup membanggakan, konsep pinjaman berbasis syariah ini tidak hanya diminati oleh mayoritas masyarakat muslim tapi juga bagi kaum non muslim. Artinya di Indonesia potensial pinjaman online syariah pasarnya cukup besar.

Namun seiring maraknya kasus penipuan pinjaman online serta munculnya fintech ilegal, fintech syariah pun dikhawatirkan ada yang perijinannya masih dipertanyakan alias abal-abal. Untuk itu jika Anda tertarik menggunakan jasa pinjaman online syariah sebaiknya berhati-hati dan tetap selalu update informasi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apa saja keuntungan dan aturan Pinjaman Online Syariah  ?

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara mayoritas penduduknya muslim keberatan dengan pinjaman yang memakai sistem bunga atau riba. Riba sendiri adalah pengambilan tambahan, baik dalam transasksi maupun pinjam-meminjam secara batil atau bertentangan dengan ajaran Islam.

Hadirnya pinjaman online syariah seolah menjawab semua keinginan masyarakat Indonesia yang ingin memakai jasa pinjaman online tanpa riba. Nah, sebelum Anda menggunakan jasa fintech untuk meminjam dana online syariah, sebaiknya ketahui dahulu apa saja keuntungan dari Pinjaman Online Syariah ini, diantaranya :

  1. Pinjaman bisa dipakai untuk keperluan mendesak 

Kehadiran pinjaman online syariah, mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan pendanaan pinjaman tanpa riba. Selain itu pinjaman online syariah bisa menutupi kebutuhan mendesak tanpa khawatir bunga yang mencekik ketika mengembalikan pinjaman. Hanya kebutuhan mendesak yang prosesnya tidak memakan waktu lama bisa Anda dapatkan fasilitasnya di pinjaman online syariah ini.

  1. Pinjaman tanpa bunga

Sudah menjadi prioritas konsumen atau debitur jika akan melakukan pinjaman di sebuah lembaga keuangan atau fintech manapun, yang pertama kali di hitung adalah bunga pinjaman. Adanya pinjaman online syariah yang bebas bunga atau riba, tentu saja sangat menguntungkan calon debitor. Sehingga dijauhkan dari masalah pinjaman yang bunga berbunga atau rentenir.

  1. Proses pengajuan pinjaman lebih cepat

Ketika mengajukan pinjaman dana dimanapun, pasti dibutuhkan kelengkapan dokumen sebagai salah satu syarat disetujuinya pengajuan pinjaman Anda. Terutama disaat Anda membutuhkan dana dalam kondisi darurat. Misalnya saja untuk memperbaiki kendaraan, biaya sekolah anak atau membetulkan rumah. Jika persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap tentu saja dana pinjaman bisa langsung masuk ke rekening Anda dalam hitungan jam.

  1. Mendapat fasilitas yang sama dengan Lembaga Konvensional

Pinjaman online syariah tidak berbeda jauh dengan lembaga keuangan kovensional, terutama masalah fasilitasnya. Anda bisa melakukan transaksi apapun seperti cicilan kredit, pembayaran internet berlangganan, Internet banking dan lain-lain.

  1. Pinjaman bisa dipakai untuk memulai usaha 

Jika Anda berencana untuk memulai usaha setelah resign dari tempat kerja sebelumnya, jangan khawatir. Pinjaman online syariah bisa menjadi solusi keuangan Anda, tanpa riba dan cara pembayaran cicilan yang sangat fleksibel sesuai kemampuan Anda.  Banyak jenis usaha yang bisa Anda pilih diantaranya, usaha kuliner, butik atau aksesoris.

  1. Otomatis ikut membayar Zakat

Kelebihan lainnya dari pinjaman online syariah adalah dengan memilih pinjaman online syariah sebagai solusi keuangan Anda. Secara tidak langsung Anda ikut berbuat kebaikan yaitu ikut berpartisipasi dalam membayar zakat. Sebab, dari setiap keuntungan yang diperoleh akan ada beberapa persen dari uang yang dihasilkan untuk membayar zakat.

Aturan yang diterapkan oleh Pinjaman Online Syariah

Meskipun perusahaan pinjaman online syariah belum terlalu banyak di Indonesia namun keberadaan platform P2P ini menjadi trend setter bisnis keuangan berbasis syariah yang modern dan bertekhnologi. Namun meskipun begitu Pinjaman Online Syariah tetap menerapkan aturan yang wajib ditaati oleh para nasabah dan mitra, aturan tersebut diantaranya yaitu :

  1. Tidak semua bidang usaha bisa dibiayai oleh pinjaman Syariah. Hanya bidang yang sesuai prinsip Syariah bisa dibiayai. Karena pinjaman Syariah, sejauh ini, tidak memberikan dana tunai. Fokus pembiayaan untuk pembelian barang atau usaha produktif.
  2. Dibandingkan pinjaman online konvensional, imbal hasil yang diterapkan pinjaman online syariah masih cukup bersahabat. Imbal hasil yang dibebankan ke peminjam uang dari 5%, cukup rendah. Tentu saja imbal hasil syariah yang relatif kecil dibandingkan pinjaman online syariah akan lebih menarik minat masyarakat yang ingin mengajukan pembiayaan melalui pinjaman online syariah jika dibandingkan pinjaman online konvensional. Hal tersebut bisa menjadi alternatif masyarakat saat membutuhkan pengajuan pinjaman dana darurat.
  3. Pinjaman online berbasis syariah, selalu mengedepankan kejujuran dan kelancaran pengembalian pinjaman bagi nasabahnya. Intinya, hati-hati dalam mengelola resiko tampaknya benar-benar diperhatikan sekali dalam pinjaman online Syariah. Misalnya saja peminjam diwajibkan sudah bekerja atau menjadi mitra lembaga yang sudah kerjasama dengan pinjaman Syariah, yang tentunya track record-nya sudah jelas aman. Menjalin kerjasama dengan mitra, misalnya perusahaan atau lembaga mikro, menjadi salah satu cara yang dilakukan P2P pinjaman Syariah, yang tidak hanya bagus untuk mengelola resiko, tetapi juga membantu ekonomi masyarakat.
  4. Sebelum memutuskan meminjam di pinjaman online syariah, sebaiknya perhatikan Syarat Pinjaman,karena tidak seperti pinjaman online konvensional, pinjaman online syariah pada umumnya juga memiliki peraturan tersendiri terhadap pinjaman yang diberikan terhadap anda. Ketentuan tersebut bisa berkaitan dengan masa minimal pinjaman, masa maksimal jatuh tempo untuk pinjaman, berstatus pegawai, tidak bermasalah dengan hukum maupun jumlahnya uang pinjaman dan lain sebagainya.
  5. Menandatangani Persetujuan Pinjaman, Setelah semua persyaratan yang di ajukan oleh pinjaman online syariah telah anda penuhi maka langkah berikutnya adalah pelajari dahulu surat perjanjian yang akan ditanda tangani. Dimana pinjaman online syariah akan menyodorkan surat berupa surat perjanjian yang harus di tanda tangani oleh anda dan finech syariah. Di dalam surat tersebut juga berisi mengenai ketentuan dalam hasil bagi serta konsekuensi apabila terjadi kasus penipuan maupun kecurangan dari salah satu pihak.
  6. Menerima Pinjaman, Setelah kedua belah pihak menyetujui surat perjanjiannya maka pinjaman akan dikeluarkan oleh pihak fintech syariah dan diterima oleh peminjam secara tunai. Maka syah sudah uang yang anda pinjam menjadi milik anda yang dapat anda gunakan untuk membuka usaha maupun kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan anda.
  7. Mengembalikan Pinjaman, Pada saat uang yang anda pinjam telah anda gunakan dengan  bijaksana dalam membuka usaha anda maka laba yang diperoleh sang peminjam dari usahanya sudah cukup besar, maka anda wajib memberikan bagi hasil kepada pihak fintech syariah sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh anda dan pihak fintech syariah sebelumnya dalam surat perjanjian. Karenanya dalam pinjaman online syariah itu tidak ada bunga yang harus dibayar, dimana peminjam cukup membayar dengan sistem bagi hasil. Itulah beberapa keuntungan utama dari pinjaman online syariah.
  8. Bagi para Investor yang ingin menanamkan dana di investasi sesuai prinsip Syariah, sekarang Anda memiliki alternatif instrumen diluar instrumen yang sudah ada di pasar modal dan perbankan. Karena berbasis P2P, imbal hasil yang diberikan ke investor cukup menarik karena basis pinjaman Syariah adalah bagi hasil.

Kesimpulan

Kehadiran P2P online syariah terdaftar di OJK ini sangat menarik dengan menawarkan pinjaman pribadi tanpa riba serta pinjaman syariah tanpa jaminan. Tidak hanya karena dijalankan sesuai prinsip Syariah, tetapi juga instrumen yang ditawarkan menarik secara keuntungan dan fitur produknya.

Mudah-mudahan saja kedepannya P2P pinjaman Syariah online bisa terus tumbuh dan berkembang. Menawarkan produk investasi yang inovatif, menarik dan sesuai prinsip Syariah. Selain itu Layanan pinjaman syariah online memang lebih memudahkan Pelaku UKM untuk mendapatkan modal usaha. Tapi dengan kemudahan tersebut diharapkan para pelaku UKM tetap cermat dalam memilih layanan fintech syariah dan produk pinjamannya, jangan sampai terjebak oleh fintech ilegal.

Nah, semua informasi tentang aturan main dan keuntungan pinjaman online berbasis syariah sudah kami informasikan untuk Anda semua. Semoga saja bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang mencari solusi pembiayaan tanpa riba, untuk pengembangan usaha.  Solusinya hanya bersama Pinjaman Online Syariah, semoga sukses !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar