Hit enter after type your search item
Wegoclick

Referensi Pinjaman Online

SIMULASI PERHITUNGAN PINJAMAN ONLINE

/
/
/
8 Views

Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih, tidak dipungkiri akan merambah ke berbagai sektor termasuk bisnis keuangan dan ritel. Misalnya saja berbelanja, membayar tagihan, hingga mengajukan pinjaman semuanya bisa dilakukan secara online hanya berbekal sambungan internet dan gadget. Untuk bidang keuangan khususnya, transaksi Anda bisa dilakukan via online tanpa harus repot-repot ke atm atau bank, termasuk mengajukan pinjaman.

Tahukah Anda? pengajuan pinjaman online saat ini sangat diminati oleh masyarakat. Pengajuan kredit tak hanya dapat kita lakukan secara konvensional di bank, tapi juga secara online. Apabila Anda butuh pinjaman uang tunai dalam waktu singkat dengan pelayanan yang cepat dan proses yang mudah, tanpa  jaminan, pinjaman uang online adalah solusi tepat yang dapat Anda lakukan! Apa saja kelebihannya ?

  • Proses pengajuan pinjaman mudah

Pinjaman online sangat mudah prosesnya jika dibandingkan pinjaman offline, yang mengharuskan Anda datang langsung mengajukan pinjaman ke cabang bank terdekat terlebih dahulu. Hanya dengan menggunakan gadget dan jaringan internet, maka pengajuan pinjaman dana online bisa langsung dilakukan. Hemat waktu dan tenaga tentu saja karena proses pengajuannya hanya via online, bisa dilakukan kapan saja.

  • Pencairan Dana yang cepat

Kelebihan lainnya jika mengajukan pinjaman online adalah pencairan dana yang lebih cepat hanya dalam hitungan hari bahkan jam. Sangat jauh berbeda dengan proses pencairan pinjaman bank yang bisa memakan waktu berhari-hari bahkan minggu. Pinjaman online sangat cocok untuk Anda yang butuh dana cepat namun tidak terlalu banyak.

Pinjaman online bisa cair lebih cepat karena tidak memakai agunan, sehingga tidak perlu proses penaksiran aset terlebih dahulu. Selain itu data yang dimasukan tidak berupa fisik tetapi melalui cara digital yaitu di foto atau di scan. Jauh berbeda dengan pengajuan di bank, semua data yang masuk harus lengkap dan berbentuk fisik sebelum di proses melalui digita atau database.

  • Dana pinjaman bisa dipakai untuk keperluan mendesak 

Berbeda dengan pinjaman bank yang dikhususkan untuk modal usaha, pinjaman dana online bisa dipergunakan untuk keperluan darurat dan apapun yang Anda butuhkan. Misalnya saja bisa Anda gunakan untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya berobat ke rumah sakit, hingga modal pernikahan. Namun yang perlu Anda ingat, bahwa pinjaman online tidak bisa dipakai untuk membayar cicilan kartu kredit, DP mobil atau rumah hingga untuk keperluan konsumtif seperti berbelanja.

  • Persyaratan dokumen yang mudah 

Pengajuan pinjaman online sangat mudah dibandingkan pinjaman via bank, terutama kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dipakai sebagai persyaratan penhajuan pinjaman biasanya hanya berupa KTP, NPWP dan Slip Gaji. Ditambah rekening yang masih aktif, untuk syarat pencairan dana.

  • Jumlah Plafon Pinjaman lebih kecil

Sesuai dengan proses pengajuan pinjaman serta pencairan pinjaman yang mudah dan cepat. Maka dana yang dicairkan oleh pinjaman online tidak terlalu besar,  hanya sekitar

Rp 5 jt – 20 juta saja. berbeda dengan kredit tanpa agunan via bank yang memberikan plafon pinjaman hingga Rp 500 juta. Sebenarnya plafon pinjaman yang tidak terlalu besar ini  justru jadi kelebihan karena untuk kredit tanpa agunan, minimal plafon pinjaman yang harus diajukan adalah Rp 5 juta sehingga untuk Anda yang butuh dana di bawah Rp 5 juta tidak akan bisa mengajukan pinjaman. Berbeda halnya dengan pinjaman online, dana bisa langsung cair minimal dana pinjaman Rp1 juta.

  • Masa Tenor Singkat

Sama halnya dengan plafon pinjaman yang tidak besar, mas tenor pinjaman pun tidak bisa terlalu lama.  Biasanya masa tenor yang ditawarkan mulai dari hitungan 10 hari hingga 180 hari. Perhitungannya semakin lama masa tenor yang Anda ambil, maka semakin besar juga bunga cicilan yang harus Anda bayarkan. Untuk itu sebaiknya ketika mengambil pinjaman online, Anda harus memperhitungkan masa tenor yang diambil dan sesuaikan dengan kemampuan membayar cicilannya.

  • Perhitungan Sistem Bunga Harian

Tidak seperti bunga kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank yang menerapkan sistem perhitungan bunga bulanan, pinjaman dana online menggunakan sistem perhitungan bunga harian. Memang jika kita mengambil masa tenor yang singkat maka bunganya tidak terlalu besar, tapi jika masa tenor yang diambil cukup lama, maka bunga yang harus dibayarkan cukup besar. Tentu akan memberatkan Anda nantinya. Karena itu sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda teliti lagi besarnya bunga dan bandingkan masa tenor yang diambil.

Dibalik semua kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online, sebaiknya tidak membuat Anda terlena dan mudah memutuskan untuk mengajukan pinjaman, karena jika Anda salah dalam memperhitungkan resikonya, dikhawatirkan akan menjebak Anda dan mempersulit keuangan Anda nantinya.

Tips berikut ini semoga bisa membantu Anda menentukan keputusan yang tepat sebelum melakukan pinjaman.

Buatlah Simulasi Pinjaman terlebih dahulu

Sangat penting jika sebelum mengajukan pinjaman di pinjaman online selalu cek dan hitung dengan teliti berapa dana yang akan Anda ajukan pinjaman serta perhitungan bunganya. Simulasi pinjaman ini bisa Anda lakukan melalui situs atau website fintech yang Anda tuju.

Dengan cara ini, Anda bisa memperkirakan berapa besar jumlah uang yang akan Anda setorkan untuk mengembalikan pinjaman nantinya. Perlu Anda ingat bahwa pinjaman uang online tidak membutuhkan jaminan atau agunan dalam pengajuannya, selain itu memiliki tenor pinjaman yang cukup singkat dan bunga yang lumayan besar.

Contoh Simulasi Pinjaman Uang Online

Ibu Anita adalah seorang ibu dengan satu anak, saat ini sedang membutuhkan dana sebesar Rp 5 juta untuk biaya pendidikan anaknya.

Ibu Anita seorang karyawan PT ABC dengan penghasilan sebesar Rp 3 juta per bulan. Rencananya Ibu Anita akan mengajukan pinjaman secara online di Website atau aplikasi Merdeka dengan tenor 12 bulan, cicilan dibayarkan setiap bulan.

Perhitungannya adalah sebagai berikut :

Nominal pinjaman pokok: Rp5.000.000, Tenor: 12 bulan

Berdasarkan kalkulator simulasi Aplikasi Merdeka, cicilan yang harus dibayar Ibu Anita

per bulan adalah menjadi Rp 606.478.

Total pembayaran pokok dan bunga adalah  = Rp 606.478 x 12 = Rp 7.277.736.

Jadi total bunga yang dibayar adalah sebesar Rp 2.277.736 atau sebesar 45% dari pokok pinjaman, atau setara dengan 3,75% per angsuran.

Kesimpulannya, semakin lama tenor pinjaman yang diambil Ibu Anita, maka akan semakin besar bunga dan cicilan yang harus dibayarkan.

Setelah Anda hitung rencana pengajuan dana melalui simulasi penghitungan pinjaman online,  cek kembali mengenai kebutuhan Anda serta legalitas pinjaman online atau fintech yang Anda tuju.

  • Sebelum meminjam, hitung dana yang dibutuhkan

Biasakan jangan terburu-buru mengajukan pinjaman hanya berdasarkan informasi satu aplikasi pinjaman online. Sebaiknya lakukan survey di beberapa aplikasi dan bandingkan apakah pinjaman Anda sesuai dengan nominal yang Anda butuhkan dan tidak menambah nominal pinjaman terlalu banyak.

Perlu sekali Anda ingat dan perhitungkan dengan matang bahwa semakin besar nominal yang Anda pinjam, maka akan semakin besar pula angsuran dan bunga yang harus Anda bayar nantinya.

  • Melakukan benchmarking atau survey terlebih dahulu

Sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang di fintech, Anda perlu melakukan benchmarking atau survei pasar terlebih dahulu. Anda bisa membuat perbandingan fasilitas pinjaman di beberapa website atau aplikasi pinjaman online, lalu pilih fasilitas pinjaman uang online yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Misalnya saja Anda membutuhkan pinjaman sebesar Rp 2 juta, di situs A disediakan pilihan pinjaman sebesar Rp3 juta dengan bunga 15%, sedangkan situs B menyediakan fasilitas pinjaman sebesar Rp2,5 juta dengan bunga 13%.

Jika Anda melihat dengan teliti perhitungan simulasi diatas, pastinya Anda akan memilih simulasi yang B karena bunganya lebih kecil sehingga tidak memberatkan Anda dikemudian hari.

  • Pastikan Aplikasi Pinjaman Online bisa dipercaya

Hal yang paling penting Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman online adalah menemukan aplikasi pinjaman online dari fintech yang bisa dipercaya. Caranya adalah dengan update pada informasi yang ada di website Otoritas jasa Keuangan (OJK).

Pastikan bahwa fintech tersebut ada dalam daftar perusahaan pinjaman online yang lega dan memiliki ijin operasional dari OJK, serta diawasi kinerjanya oleh OJK. Sehingga Anda merasa terjamin dan lebih aman memakai layanan aplikasi pinjaman online tersebut..

Telitilah Sebelum Meminjam di Aplikasi Pinjaman Online

Situasi dan kondisi yang memaksa terkadang membuat Anda terjebak, sehingga akhirnya terpaksa menggunakan fasilitas pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan. Namun apapun situasi yang Anda hadapi, Anda perlu memahami dengan teliti ketentuan yang berlaku pada pinjaman online tersebut. Karena pada dasarnya, semakin besar nominal pinjaman dan semakin panjang tenor pinjaman yang Anda ambil, maka bunga yang harus dibayarkan menjadi semakin besar.

Semoga saja apa yang sudah kami sampaikan kepada Anda melalui artikel ini, bisa membantu Anda menganalisa dan menghitung ulang pinjaman yang sedang Anda lakukan, sehingga Anda tidak terjebak oleh pinjaman online yang berbunga tinggi.

Selamat mencoba !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar