Hit enter after type your search item
Wegoclick

Referensi Pinjaman Online

KAPAN WAKTU YANG TEPAT MELAKUKAN PINJAMAN ONLINE

/
/
/
6 Views

Karena seringnya kita mendengar banyak aplikasi pinjol atau pinjaman online yang bermasalah, membuat kita kadang khawatir takut suatu saat karena kebutuhan mendesak akhirnya kita bermasalah dengan perusahaan pinjaman online itu. Kebayang dong, ketika tagihan tidak terbayar, si pinjol telpon ke semua kontak yang ada di nomor kontak HP, belum lagi data kita dishare ke pihak ketiga. Makin berat lah masalah yang kita hadapi ketika terjebak pinjaman online.

Saat ini aplikasi pinjaman online atau fintech lending dengan mudah didapatkan oleh masyarakat. Aplikasi tersebut menawarkan dana pinjaman secara instant dan mudah. Namun dibalik kemudahan tersebut sebaiknya masyarakat bijak ketika memutuskan meminjam dari aplikasi pinjaman online, pikirkan kembali kemampuan finansial mengembalikan pinjaman. Jangan sampai meminjam tujuannya bukan untuk kebutuhan produktif.

Jadi , kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman online?

Kalau ada pertanyaan seperti, tentu saja jawabannya yang paling mudah dan masuk akal adalah tidak ada waktu yang tepat. Loh ? ya benar karena yang kita butuhkan adalah bukan waktu yang tepat tapi mampukah kita mengembalikan pinjaman yang sudah ada ditangan ? Bila di kaitkan dengan pertanyaan tersebut adalah kapan waktu yang tepat kita bisa konsisten mengembalikan utang pinjaman dari pinjaman online yang sudah kita terima. Untuk menjawab semua pertanyaan itu baiknya kita uraikan satu-satu, agar Anda juga bisa berpikir ulang sebelum mengajukan pinjaman online, agar tidak terjebak dengan masalah pinjol atau fintech.

Berikut adalah saat yang tepat jika ingin mengajukan pinjaman online yaitu :

  • Memiliki penghasilan tetap

Jaman sekarang dengan segala kemudahannya, termasuk pengajuan pinjaman cepat. Banyak sekali orang yang butuh dana darurat meminjam uang ke aplikasi fintech dengan iming-iming kemudahan pencairan dana yang mereka tawarkan. Tidak seperti meminjam uang ke bank yang membutuhkan proses cukup lama untuk persetujuan, meminjam uang ke aplikasi fintech terbilang cepat karena semuanya bisa dilakukan secara online. Dalam konsisi terdesak kebutuhan, Anda tetap perlu berpikir lagi apakah saat ini memang betul-betul membutuhkan pinjaman online? Kalau begitu kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman online? jawabanya saat yang tepat untuk mengajukan pinjaman online adalah ketika Anda memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

Kenapa harus memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap ? karena dengan begitu, Anda  tidak akan pusing apabila ada tagihan pinjaman online yang perlu Andi lunasi karena penghasilan tiap bulannya bisa digunakan untuk membayar cicilan utang pinjaman online. Meskipun pada saat pengajuan pinjaman beberapa aplikasi pinjaman online tidak meminta melampirkan slip gaji, tapi memiliki penghasilan tetap dapat memberi rasa aman pada diri sendiri. Jangan lupa untuk selalu mendahulukan untuk membayar hutang-hutang sebelum membeli barang-barang lain atau mengeluarkan uang untuk keperluan lain.

  • Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan darurat

Kondisi yang tepat untuk mengajukan pinjaman online berikutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan darurat. Kebutuhan darurat yang dimaksud misalnya renovasi rumah, perbaikan kendaraan, biaya berobat, pendidikan, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak dapat ditunda lagi dan memang urgent sehingga seandainya tabungan serta dana cadangan belum cukup, tidak ada salahnya mengajukan pinjaman online.

Jangan pernah sekali-kali Anda berani  berhutang di aplikasi Fintech atau pinjaman online karena sedang iseng dan ingin membeli sesuatu hal atau barang yang sama sekali tidak penting.

  • Ketika Kondisi Keuangan Sehat dan Stabil

Sebelum mengajukan pinjaman online, selalu pastikan bahwa kondisi keuangan dalam keadaan sehat dan stabil. Yang dimaksudnya sehat adalah Anda tidak memiliki tunggakan lain atau meminjam untuk melunasi hutang di tempat lain. Kalaupun misalnya Anda terpaksa meminjam dana dari aplikasi fintech terlebih dahulu cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai aplikasi fintech yang akan Anda ajukan pinjaman. Setelah mendapatkan fintch yang legal dan bunganya rendah, hitung keuangan Anda kembali beserta bunga yang harus Anda kembalikan ke fintech.

Jangan putuskan akan meminjam di fintech dalam kondisi terburu-buru atau memaksakan diri. Meskipun banyak kemudahan yang Anda dapatkan jika meminjam di fintech legal, tapi Anda perlu persiapkan dana cadangan untuk persiapan pembayaran saat  jatuh tempo. dengan matang lakukan dulu perhitungan yang pas! Jangan sampai kamu tergesa-gesa saat meminjam uang karena kemudahannya dalam mendapatkan pinjaman.

Selain itu, setidaknya kamu juga harus memiliki tabungan atau dana cadangan di rekening bank.

  • Bertujuan untuk buka bisnis atau Usaha

Jika Anda berencana ingin memulai usaha, alternatif pinjaman yang fleksibel dan cepat biasanya hanya melalui aplikasi pinjaman online. Walaupun plafon pinjaman yang diberikan tidak sebesar pinjaman bank, namun untuk modal buka usaha kecil-kecilan sangat membantu. Modal buka usaha dari pinjaman online biasanya hanya memberikan fasilitas pinjaman sampai 20 jutaan. Selain itu prosesnya pengajuannya juga cepat, tidak sampai berhari-hari.

Memang modal atau pinjaman yang diberikan oleh pinjaman online tidak sebesar pinjaman bank, namun untuk modal awal buka usaha keci-kecilan sangat membantu. Suatu saat jika usaha Anda sudah berjalan dan berkembang lebih besar, Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank dengan plafon pinjaman yang lebih besar.

  • Rasio Kredit tidak lebih dari 30 % 

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, jangan pernah melebihi dari rasio kredit yaitu sebesar 30 % dari total penghasilan Anda. Biasanya rasio kredit hanya dipakai untuk mengukur kemampuan seseorang ketika ingin memakai fasilitas kartu kredit, namun rumus ini bisa juga Anda terapkan pada kondisi keuangan pribadi Anda, agar tidak sampai terjebak pada utang pinjaman online.

Untuk perbankan, konsep rasio kredit 30 %, biasanya dipakai bank untuk memberikan limit kredit maksimal 30% dari total gaji bulanan Anda..

Maksudnya adalah rasio total hutang atau kredit yang dapat dibayarkan sebaiknya tidak melebihi 30% dari penghasilan bersih setiap bulannya. Meskipun aplikasi pinjaman online biasanya tidak meminta slip gaji, tapi ada baiknya Anda hitung sendiri rasio hutang yang ada supaya jangan sampai penghasilan Anda tiap bulannya hanya untuk bayar cicilan pinjaman online.

  • Memiliki penghasilan tambahan

Memiliki penghasilan tambahan sangat diperlukan, jika gaji yang kita terima setiap bulan belum mencukupi seluruh kebutuhan kita. Namun Anda memiliki pekerjaan sampingan yang rutin dan setiap bulan penghasilan tersebut jumlahnya tetap. Misalnya saja Anda menjadi freelancer tetap disebuah media online, atau Anda menjadi freelancer disebuah perusahaan jasa atau digital marketing.

  • Ketika meminjam pada aplikasi berbunga rendah

Saat terdesak kebutuhan darurat, biasakan sebelum memutuskan mengajukan pinjaman ke perusahaan pinjaman online, selalu cari informasi sebanyak-banyaknya, jangan sampai terjebak oleh fintech ilegal. Selain itu cari tahu pinjol mana yang bunganya rendah, sehingga ketika akan membayar tagihan tidak terlalu besar bunganya. Itulah saat yang tepat Anda memutuskan akan mengajukan pinjaman pada fintech.Tapi ingat cari yang legal ya..

  • Ketika menunggu pencairan dana bank

Pasti diantara Anda pernah mengalami kejadian ketika mengajukan pinjaman di bank, mendadak ada urusan yang harus diselesaikan, misalnya saja renovasi rumah, perbaikan mobil, atau buka bisnis baru.  Sementara pinjaman bank yang sedang diajukan baru akan pencairan sekitar 2 minggu lagi. Jika kondisi seperti itu, tentu Anda bisa melakukan pinjaman pada aplikasi online, tapi jangan terlalu lama sampai menunggu jatuh tempo. Segera lunasi pinjaman online Anda ketika dana pinjaman dari bank sudah cair.

Intinya, ketika memutuskan untuk mengajukan pinjaman online. terlebih dahulu Anda harus lebih cermat dan berhati-hati saat mengajukan pinjaman online, karena pinjaman online bisa menjerat kalau Anda sering pinjam dan memiliki pinjaman di beberapa aplikasi pinjaman online. Selain itu analisa kembali kemampuan finansial Anda, apakah mampu mengembalikan sesuai tanggal jatuh tempo, atau kah tidak. Butuh dana darurat bukan berarti Anda nekat bukan ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar