Hit enter after type your search item
Wegoclick

Referensi Pinjaman Online

CARA CEPAT MENUNTASKAN UTANG PINJAMAN ONLINE

/
/
/
9 Views

Maraknya penawaran pinjaman online yang banyak kita temui dibeberapa situs dan media sosial, seakan memberikan kesan bahwa masalah yang sering muncul akibat terjerat pinjaman online hanyalah kasus yang menimpa segelintir nasabah yang tidak disiplin dalam melakukan pembayaran tagihan pinjaman online mereka.

Namun apapun itu masalahnya apakah karena terjebak pinjaman pada aplikasi pinjaman online abal-abal atau memang kesalahan nasabahnya sendiri yang tidak konsisten membayar sejumlah tagihan yang menumpuk, semestinya hal itu sudah menjadi pembelajaran buat kita semua, agar berhati-hati ketika ingin meminjam di perusahaan Fintech.

Tetapi jika ternyata ada diantara Anda yang sudah terlanjur terjerat hutang pinjaman online atau fintech, segera berusaha untuk melunasinya agar tidak makin terjerat. Solusinya ? Simak Tips berikut ini, agar Anda bisa segera melunasi Pinjaman Online :

1. Pinjaman dengan bunga rendah

Ketika Anda punya peluang mendapat pinjaman dari Bank, untuk melunasi pinjaman online Anda, sebelumnya cari informasi sebanyaknya dan bandingkan bunganya. Begitu juga jika mendapatkan peluang meminjam pada Koperasi. Cari bunga yang paling rendah agar tidak terlalu berat ketika mencicil pinjaman tersebut. Kemudian pilihlah tenor pembayaran lebih dari satu tahun, untuk menjaga agar cash flow anda tetap baik.

2. Pinjaman lunak tanpa bunga

Umumnya jika kita masih bekerja, semua karyawan mempunyai peluang atau fasilitas untuk mendapatkan pinjaman lunak dari kantor. Fasilitas ini bisa Anda manfaatkan untuk melunasi pinjaman online dengan cara mudah tanpa bunga. Selain itu, Anda dapat meminta pihak manajemen untuk memberikan tenor lebih dari setahun agar kondisi keuangan Anda tetap stabil. Tetapi bila Anda merasa kurang nyaman berurusan pinjaman dengan kantor, alternatif lain Anda coba meminjam pada saudara dekat atau orang tua. Syaratnya, Anda wajib mengembalikan seluruh pinjaman tepat waktu, agar tidak terjadi masalah dengan saudara atau keluarga. Bila merasa tidak nyaman, Anda dapat meminjam dana ke orang tua atau saudara dekat.

3. Menjual barang berharga untuk melunasi pinjaman

Solusi yang lebih aman sebenarnya adalah dengan menjual aset berharga yang kita masih miliki, syaratnya semua cicilan hutang atau pinjaman online dilunasi. Jangan sampai masih ada pinjaman lain. Cara ini lebih aman karena dikemudian hari Anda tidak perlu memikirkan mengembalikan pinjaman dan bunganya. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, setelah pinjaman online terlunasi Anda wajib menutup semua akun aplikasi pinjaman online, lalu hapus semua aplikasi pinjaman online di ponsel Anda, agar Anda tidak tergoda lagi menggunakannya.

4. Utamakan melunasi Pinjaman Online

Ketika Anda mendapatkan kenaikan gaji atau tiba-tiba mendapatkan bonus dari kantor, selalu prioritaskan pendapatan anda untuk melunasi hutang terlebih dahulu. Hindari mengalokasikan dana tambahan tersebut untuk kepentingan lain yang tidak begitu penting.
Ingat ! bonus adalah rejeki yang tidak datang setiap saat, dan bila Anda mendapatkannya itu adalah jalan aman untuk melunasi pinjaman online Anda tanpa resiko membayar bunga atau memikirkan untuk mengembalikannya.

5. Hindari menambah hutang baru

Ditengah kondisi yang kalut karena harus membayar hutang pinjaman online yang sudah bertumpuk, terkadang ada orang yang nekat untuk mencari pinjaman baru dengan bunga yang tinggi. Jika hal tersebut Anda lakukan, artinya Anda bukan membereskan masalah tapi justru menambah masalah itu sama saja gali lobang tutup lobang. Kecuali jika tawaran pinjaman tersebut adalah pinjaman lunak tanpa bunga, dan Anda boleh mencicilnya ketika sudah siap dana atau minimal mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah.

6. Selalu tunjukkan itikad baik,jangan lari dari hutang

Diawal-awal mengajukan pinjaman online tentunya Anda berkomitmen untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu. Bahkan Anda mengajukannya baik-baik untuk memperlihatkan bahwa Anda punya itikad baik tidak akan bermasalah dikemudian hari. Begitu juga jika saat ini Anda sedang kesulitan keuangan, sehingga tidak bisa mengembalikan pinjaman. Tidak ada salahnya Anda tetap menunjukkan itikad baik dengan menghubungi pihak peminjam, dan menceritakan kesulitan Anda. Tunjukan niat baik Anda ingin tetap melunasi pinjaman tersebut.

Pihak Pinjol pun pasti akan merasa senang dengan itikad baik Anda, jika Anda membicarakannya serta memberikan komitmen kapan akan melunasi pinjaman Anda. Misalnya saja, Anda bisa meminta perpanjangan waktu jatuh tempo pembayaran. Selain itu, Anda juga bisa meminta hitungan bunga agar dihentikan lebih dulu dengan perjanjian bahwa Anda akan melunasi pinjaman Anda secepatnya. Dengan memberikan konsekuensi serta komitmen untuk melunasi pinjaman, maka pihak peminjam akan memberikan solusi serta kelonggaran jadwal pengembalian pinjaman. Intinya jangan lari dari masalah dan berniat tidak ingin mengembalikan pinjaman tersebut, karena kedepannya reputasi Anda akan buruk dan sulit mengajukan kredit lainnya di bank atau leasing.

7. Mengumpulkan dana untuk membayar utang

Bila Anda sudah membicarakan dengan pihak peminjam atau debitur, lalu setelah Anda mendapatkan solusi dari pemberi utang, misalnya saja Anda mendapatkan kelonggaran waktu atau mungkin kelonggaran bunga, sekarang saatnya Anda mengumpulkan dana untuk membayar utang Anda. Segera cari jalan untuk mendapatkan dana tambahan, baik itu dari pinjaman lunak, atau menjual aset yang masih dimiliki. Selain itu mulailah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu atau berhemat. Misalnya biasanya Anda sering ke mall setiap akhir pekan, cobalah mengurangi hanya sebulan sekali, atau biasanya sering belanja online cobalah mulai mengurangi atau bahkan stop sama sekali. Lebih baik anggaran tersebut dikumpulkan dan dipakai untuk membayar pinjaman online Anda.

8. Buat Daftar Utang dari yang terkecil sampai Kredit Terbesar

Jika saat ini Anda memiliki utang lebih dari satu, maka cobalah membuat daftar utang dari yang kreditnya terbesar sampai yang terkecil. Buat perincian hutang pokok kredit, bunga tenor pinjaman, dan jumlah cicilannya setiap bulan.

Bila semua daftar utang Anda sudah dibuat mulailah fokus dan tekadkan untuk segera melunasi utang Anda, dana yang sudah Anda persiapkan segera pakai untuk melunasi utang dengan pokok kredit yang terbesar, bukan jumlah cicilannya yang terbesar. Dengan melunasi cicilan utang yang paling besar maka beban utang Anda bisa agak berkurang. Setelah itu fokus lagi melunasi utang pinjol yang tersebsar kedua, dan seterusnya sampai pinjaman online Anda tidak ada lagi.

9. Mulai hidup hemat dan menabung

Keinginan memiliki barang yang mewah memang sering menggoda, sehingga membuat seseorang terkadang melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Mungkin kalau keuangan Anda mencukupi tanpa dikejar-kejar utang pinjaman online, sah-sah saja memiliki barang mewah. Tetapi kalau kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat, bukanlah tindakan yang bijak. Prioritaskan keuangan Anda untuk melunasi pinjaman online. Membiasakan diri berhemat dan tidak mudah tergoda untuk membeli barang-barang konsumtif maka niat baik Anda untuk lepas dari utang pinjaman online bisa segera teratasi.

10. Mencari kerja sampingan

Ketika perlahan-lahan utang pinjol Anda sudah mulai teratasi dan keuangan Anda sudah mulai bisa diperbaiki lagi, mulailah untuk mencari kerja sampingan. Untuk menambah penghasilan, sepertinya mencari kerja sampingan menjadi solusi yang tepat. Sekarang ini banyak kerja sampingan yang hanya memerlukan modal kecil, bahkan ada juga yang sama sekali tidak membutuhkan modal. Contoh kerja sampingan, antara lain berjualan online atau offline, penulis artikel lepas, dan masih banyak lagi. Agar hasilnya maksimal dan memuaskan, pilih kerja sampingan yang sesuai dengan hobi atau kemampuan Anda.

11. Ambil Hikmahnya

Permasalahan utang yang sempat menjerat Anda, sebenarnya bisa diambil sisi positifnya, yaitu Anda akan semakin memahami bagaimana seharusnya pinjaman itu digunakan.
Jika untuk membeli barang yang konsumtif dan memang hanya sebuah keinginan, maka ada baiknya Anda tidak usah memaksakan diri meminjam. Lebih baik Anda menahannya dan menabung. Jika uang tabungan Anda sudah cukup, maka tidak apa-apa untuk membeli barang yang yang diinginkan asalkan jangan menggunakan pinjaman.

Mulai sekarang jadikan semua masalah utang Anda menjadi pelajaran yang berharga, dan suatu saat ketika memutuskan untuk mengambil utang, minimal Anda sudah mengetahui kondisi keuangan Anda dan kemampuan Anda mengembalikan pinjaman. Semoga saja tips yang sudah kami berikan bisa menjadi solusi permasalahan Anda, Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar